November 23, 2014

Modus SMS Penipuan yang pernah saya terima #2



Modus SMS Penipuan yang pernah saya terima #2 | Mask-ID.com - Hai sobat! Piye kabare? Semoga sehat selalu. Saya pernah menulis artikel yang berjudul "Modus SMS Penipuan yang pernah saya terima", dan kali ini saya ingin membahasnya lagi dengan menambahkan sedikit solusi mengatasinya. Semoga tidak bosan ya.

November ini, SMS penipuan nyasar sampai 3 kali ke handphone (HP) saya. Namun, saya tidak akan membahas ketiganya, cukup satu saja yang paling sering datang berkunjung menjadi tamu bulanan di HP. Saya kira hampir semua orang pernah mendapatkan SMS penipuan ini. Modusnya adalah mengatasnamakan salah satu perusahaan provider di Indonesia, check this out :


Hampir setiap bulan saya menerima sms yang menyatakan saya sebagai pemenang kuis seperti itu. Dalam sms penipuan tersebut didukung pula dengan alamat website dengan domain gratisan diantaranya adalah blogspot.com, wordpress.com, weebly.com dan masih banyak domain gratis lainnya.

Mana mungkin perusahaan provider besar seperti Indosat menayangkan program-program marketing seperti undian berhadiah hanya dengan website gratisan. Biasanya Indosat akan membuat publikasi pada subdomain website resminya, yaitu www.indosat.com.

BAGAIMANA CARA MELAPORKAN SMS PENIPUAN ?
Pihak Indosat sendiri menyatakan bahwa untuk pemblokiran nomor tidak bisa dilakukan secara sembarangan mengingat pengirimnya tidak dikenal. Namun, Indosat tetap menerima pengaduan jika mendapatkan SMS penipuan dari nomor Indosat, laporkan saja via sms ke 726 dengan format :
SMS(spasi)<Nomor­ pengirim SMS penipuan>(spasi)­isi SMS penipuan
Contoh : SMS 085870491817 Pesan resmi dari PT. M-TRONIK ... bla bla bla...

Pihak Indosat akan segera menindaklanjuti sms pengaduan tersebut dengan memblokir nomor yang dilaporkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam hal pembatasan dan pemblokiran.
Indosat berhak melakukan pemblokiran apabila terjadi hal sebagai berikut: 
  • Apabila ada permintaan resmi dari instansi yang berwenang; 
  • Apabila ada indikasi penyalahgunaan Kartu Prabayar dengan cara apapun sehingga menimbulkan kerugian baik bagi Indosat maupun bagi pelanggan lainnya. (http://www.indosat.com/tnc)

Langkah selanjutnya adalah mengirim kronologi penipuan ke kepolisian via email yang beralamat cybercrime@polri.go.id. Insyaallah, pihak kepolisian akan segera menindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku.

Apabila segala upaya telah ditempuh dan belum ada hasil yang memuaskan, jalan satu-satunya adalah mengabaikan sms penipuan tersebut. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin.

Sekian ulasan modus SMS Penipuan yang pernah saya terima #2. Semoga bermanfaat...

Referensi :
  • http://www.tribunnews.com/metropolitan/2013/02/27/anda-korban-kejahatan-online-lapor-ke-cybercrimepolri.go.id
  • http://icity.indosat.com/t5/Bank-Solusi-Komunitas/Melaporkan-SMS-Penipuan/ta-p/90700
  • http://indosat.com/tnc 

Get the latest articles of this blog by enter your email address here :

Delivered by FeedBurner

Author : Adi Pradana | Save what I like, all is mine

Hai, nama saya Adi Pradana. Seorang blogger yang berdomisili di Yogyakarta, Indonesia. Terima Kasih telah membaca artikel "Modus SMS Penipuan yang pernah saya terima #2". Jika ada kritik, saran atau pun tawaran kerja sama, hubungi saya via email ke adi.05mania@gmail.com. Jangan lupa untuk subscribe dan follow blog ini ya. Happy Blogging !

35 komentar:

  1. saya juga pernah dapat yang begituan mas, anehnya ada temen saya yang percaya, saya merasa beruntung lho, soalnya domain mereka abal2, akibat ngeblog terus sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, berkah ngeblog ya sob...

      Delete
  2. modus ini modus klasik tapi satu dua sering berhasil hehehhe. harus pandai2 lah ya kan bang adi...

    ReplyDelete
  3. baru tahu kalo bisa dilaporin kaya gitu hehe.

    tapi sering yang bikin jengkel bukan cuma sms penipuan tapi sms promo dari operator juga bkin emosi. misal "terima kasih sudah menggunakan produk indo*at. ketik *123# untuk promo terbaru dari kami" (dan sejenisnya)

    ReplyDelete
  4. Wah, baru tahu ternyata bisa diaduin juga ya. Thanks infonya bro

    ReplyDelete
  5. sama nih mas, malah beberapa kali sama persis seperti diatas

    ReplyDelete
  6. Ini lagi masih musim banget sms beginian, nipu orang lewat sms lebih cemen dibanding nembak cewe lewat sms

    ReplyDelete
  7. baru tau info sms pengaduan plus email polisinya,mksih mas... kbtln bln ini sy kok jdi sering bgt sms begituan,duhhh... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu SMS pengaduan Indosat lho mbak Aira Abdullah, entah yang telkomsel dan XL saya belum browsing, soalnya saya pengguna Indosat.

      Delete
  8. bukan sms aja mas, sekarang penipuan via telepon juga ada, sepertinya kalau kita lama-lama berbicara sama penipu ini ditelpon tanpa kita sadari kita bakal kehipnotis sama kata-katanya. dan habisalah harta benda kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, maka dari itu berhati-hatilah...

      Delete
  9. Pernah nerima juga, tapi diabaikan aja,
    ternyata ada pengaduannya juga ya, ribet ga sih?

    ReplyDelete
  10. sering banget dapat beginian... bagi orang yg sering selancar di dunia maya sepertinya sudah tidak mempan penipuan seperti itu... namun bagi orang2 yg tidak tahu... seperti pernah kejadian sama khadimat di rumah... udah seneng banget cerita ke saya, begitu saya bilang itu bohongan... terlihat agak sedih orangnya...

    semoga makin banyak yg tahu akan hal ini, termasuk artikel ini, inshaa Allah mencerahkan.
    makasih sharingnya

    ReplyDelete
  11. kalau yang sudah ngerti masalah domain,,pasti gk bakal percaya ini :)
    terima kasih mas atas informasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas Bagus Hermawan. Terima kasih juga sudah berkunjung disini.

      Delete
  12. maaf, saya pernah iseng melakukan penipuan cara SMS seperti di atas, awalnya cuman iseng doangan eh responnya bagus..ya udah tak lanjutkan saja...lagian kenapa juga mau kena tipu...maaf yea

    ReplyDelete
  13. bukan hanya lewat sms gan lewat email dan telepon juga saya sering ngalamin tapi tak pernah saya anggap :v

    ReplyDelete
  14. ngeselin ya kalo setiap saat dapat SMS seperti itu

    ReplyDelete
  15. kayaknya memang hampir setiap orang ya memakai HP udah pada dapat kiriman sms gituan ya mas, mungkin antar sesama penipu pun mernah mengalami saling mengirim sms tipu tipu seperti tu, emang dasar ok penipu nih :D, saya juga pernah mendapatkan sms gituan, via emal juga pernah mengatsnamakan rim...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai lewat email jg ya mas. Harus lebih berhati-hati ya

      Delete
  16. ohh jadi begitu caranya ya mas :) hmm sering saya dapet sms yang gituan :(

    ReplyDelete
  17. Ooo bisa dilaporin ya mas, aq seriiiing bgt dpt gituan.tp tak cuekin aja

    ReplyDelete
  18. makasih banyak infonya mas..
    emang sering banget dapet sms kek gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti sms kek gitu bisa dinobatkan sbg sms penipuan sejuta umat ya. Hihihi

      Delete
  19. Sudah basi iya mas sms kek gitu hahaha

    ReplyDelete
  20. Kalo modus macam begitu sih udah pada kebal sih orang-orang... kecuali kalo udah gendam, bbeuh... nakutin :(

    ReplyDelete
  21. saya setiap hari banyak menerima SMS penipuan. Kesal rasanya

    ReplyDelete
  22. Sekarang dah tahun 2015 juga masih marak modus seperti itu...

    ReplyDelete

 
©Mask-ID Blog 2017 all reserved | Privacy Policy | Disclaimer | Theme design by Dadang Herdiana | Ping search engines.