July 30, 2015

Sambel bawang itu pedasnya mantap



Sambel bawang itu pedasnya mantap | Mask-ID.com - Ngomongin sambel bawang nih. Menurut saya, kehadiran sambal di meja makan dapat menambah nafsu makan. Menyantap makanan tanpa kehadiran sambal itu rasanya hambar. Tak jarang istri saya hampir setiap hari menyajikan menu sambal untuk saya.

Ya, saya termasuk orang yang sangat menggemari sambal. Dari beragam jenis sambal yang ada, saya paling suka dengan sambel bawang. Rasanya begitu mengggoda saya untuk memakannya, terlebih dimakan dengan gorengan. Menambah cita rasa makanan yang saya santap. Sambel bawang itu pedasnya mantap. Enak banget.

Sambel bawang itu pedasnya mantap | Mask-ID
Sambel bawang itu pedasnya mantap (Dok. pribadi)

Tahukah sahabat, rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai itu disebabkan karena senyawa konsentrasi tinggi dari bahan aktif yang disebut capsaicin. Senyawa capsaicin manfaatnya dapat mengurangi resiko kanker. Senyawa ini mampu membunuh sel kanker tanpa merusak sel-sel tubuh yang sehat. Capsaicin telah terbukti telah memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab kanker prostat. Hal ini dibuktikan oleh American Cancer Society, data menunjukkan bahwa beberapa makanan pedas memiliki sifat penangkal kanker. 
Baca juga : Mencicipi sate kelinci saat MUSDA DPD Pormiki DIY
Meskipun demikian, ada sisi negatif apabila kita terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan pedas. Pada sebagian orang, makanan pedas bisa mengganggu produksi asam lambung. Dampakya akan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut. Selain itu, apabila terlalu sering makan pedas dapat menimbulkan iritasi pada lidah dan rongga mulut. 

Yang terpenting adalah atur pola makan sebaik mungkin. Imbangi dengan minum air putih yang banyak dan jangan lupakan sayur dan buah-buahan. Bagaimanapun juga sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Sahabat, termasuk penyuka sambalkah? Kalau suka, sambal jenis apa yang paling favourit?

Referensi:
http://gaya.tempo.co/read/news/2014/09/17/060607596/4-manfaat-makanan-pedas-bagi-kesehatan

Get the latest articles of this blog by enter your email address here :

Delivered by FeedBurner

Author : Adi Pradana | Save what I like, all is mine

Hai, nama saya Adi Pradana. Seorang blogger yang berdomisili di Yogyakarta, Indonesia. Terima Kasih telah membaca artikel "Sambel bawang itu pedasnya mantap". Jika ada kritik, saran atau pun tawaran kerja sama, hubungi saya via email ke adi.05mania@gmail.com. Jangan lupa untuk subscribe dan follow blog ini ya. Happy Blogging !

30 komentar:

  1. sambelnya itu loh bikin ngiler mas hehehhe

    ReplyDelete
  2. Apalagi kalau disantap dgn nasi anget+tempe goreng... sedapnyaa!!!!

    ReplyDelete
  3. Ngomongin sambel bikin air liur mau keluar alias kemecer hehehe

    ReplyDelete
  4. Waah saya suka bingit sama sambal Mas, saya suka masakan yang pedas-pedas, kalau sambal favorite saya sambal nasi padang Mas, ibaratnya mending makan nasi sama sambal nasi padang, ketimbang nasi sama rendang tapi gak pake sambel, ya sempurnanya adalah: nasi, rendang, sambal, dan lalap, oh ya kerupuk.. hehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga suka sambel ijo nasi padang... Hehehehehe...

      Delete
  5. Suka sih tapi tdk pakai banget

    ReplyDelete
  6. saya juga salah satu penggemar sambel bawang....memang enak dan gurih walau pedas rasanya. tapi bagi yang gak bisa bikinnya rasanya akan kacau kang...gak bisa dijadikan teman makan nasi. heheheheeee

    ReplyDelete
  7. suka pakai bgt sampai pernah gak bisa bangun karena kena asam lambung yang naik gara2 sambalnya digadoin he he he

    ReplyDelete
  8. sering2 makan pedas, nanti lidah dan lambung kuat seiring jalannya proses bg

    ReplyDelete
  9. kalau sambel korek mas adi juga bisa buat dong?

    ReplyDelete
  10. enake sambel bawange..aku doyan banget sambel bawang bikinan ibuku :)

    ReplyDelete
  11. beuh, sambel itu emang perlu bangeet, buat nambah2 selera makan biar makin lahap yah :D

    ReplyDelete
  12. sambal bawang ini kalau di kampung saya namanya, sambal plelek

    ReplyDelete
  13. wah saya kurang kenal sama ga begitu tahu mengenai sambal mengingat saya ga suka pedas dan dirumah pun ga begitu suka pedas :d

    ReplyDelete
  14. Kalo aku suka sama semua jenis sambal :D

    ReplyDelete
  15. kayaknya hampir smeua sambal saya suka :D

    ReplyDelete
  16. memang disadari atau tidak yang namanya saam to the bel itu penambah nasu makan ..
    ajiiiiiiiiib (y)

    ReplyDelete
  17. JUjur ya, kalau makan tanpa sambel itu benar-benar terasa hampa. Ga lebay loh ini, tapi emang makan dengan sambal begitu nikmat.

    ReplyDelete
  18. Suka banget sama sambel, suka juga sama sambel bawang ^^b

    ReplyDelete
  19. Mantap banget keliatannya.. *siapin nasi panas*

    ReplyDelete
  20. baru tau kalo cabe bisa mencegah kanker hehe

    ReplyDelete
  21. dulu doyan banget makan pedas tapi sejak infeksi usus menyerang jadi gak bisa makan pedas2 lagi deh huhu

    ReplyDelete
  22. itu sambel bawangnya mentah ya mas?klo sy sukanya smbel bawang yg digoreng,tanpa tomat tpi ditambahin ebi,mantep!heee...

    ReplyDelete

 
©Mask-ID Blog 2017 all reserved | Privacy Policy | Disclaimer | Theme design by Dadang Herdiana | Ping search engines.