August 31, 2015

Jalan Sehat RW. 02 Minomartani dalam rangka HUT RI ke-70



Jalan Sehat RW. 02 Minomartani dalam rangka HUT RI ke-70 | Mask-ID.com - Bulan Agustus di tahun 2015 telah selesai, namun ceritanya sayang untuk dilewatkan. Mau cerita apa sih? Hanya kegiatan kampung dalam rangka menyambut hari kemerdekaan saja. Yah, paling tidak sebagai dokumentasi kegiatan dalam menyemarakkan hari bersejarah, 17 Agustus.

Di bulan Agustus, bendera merah-putih berkibar di berbagai tempat, dihiasi pula iringan umbul-umbul yang berwarna-warni. Semua itu demi menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Tidak hanya meriah dengan beragam ornamen, semarak peringatan hari kemerdekaan ini juga diwarnai dengan berbagai kegiatan seperti lomba dan jalan sehat.

Nah, cerita kali tentang kegiatan Jalan Sehat RW. 02 Minomartani dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-70. Jalan Sehat sudah menjadi kegiatan tahunan di tingkat Rukun Warga di wilayah Minomartani. Tahun ini, RT. 08 dimana rumah tempat tinggal saya berdiri kedapatan menjadi panitia penyelenggaranya.

Di tengah kesibukan para warganya, kehadiran kegiatan jalan sehat sangatlah dinanti. Kegiatan ini pun terasa istimewa karena dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-70.

Bukan hanya sekedar jalan sehat biasa, banyak hal positif yang dapat dipetik dari kegiatan ini. Selain kegiatan untuk refreshing, secara tidak langsung kegiatan ini juga bertujuan untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat. Sibuk bekerja boleh saja, namun jangan lupa olahraganya ya. Sosialisasi dan komunikasi antar warga pun menjadi akrab kembali. Jarang-jarang bisa bersua dengan tetangga sekitar rumah, apalagi yang jarak rumahnya jauh. Biasanya warga satu dengan lainnya jarang bertemu, mereka disibukkan oleh pekerjaan masing-masing. Dalam suasana kemerdekaan RI, kali ini warga di wilayah RW. 02 berbondong-bondong keluar rumah untuk meramaikan kegiatan Jalan Sehat ini. Kumpul jadi satu.

Minggu (16/8), tepat jam enam pagi, saya dan keluarga bergegas keluar rumah menuju Balai RT. 08. Tempat ini menjadi titik kumpul warga untuk Start dan Finish kegiatan Jalan Sehat. Hanya beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh panitia pagi itu karena sudah dipersiapkan malamnya. Angkat-angkat meja untuk konsumsi dan doorprize. Tak lupa briefing panitia untuk pengaturan lalu lintas dimana rute jalan sehat dilalui.

Jalan Sehat RW. 08 Minomartani | Mask-ID
Jalan Sehat RW. 02 Minomartani (Dok. Pribadi)
Mendekati jam setengah tujuh, satu demi satu warga pun datang. Area jalan di depan Balai RT. 08 sudah mulai dipenuhi warga, dari yang muda sampai yang tua. Bahkan ada pula bayi yang diajak Jalan Sehat dengan menggunakan kereta dorong. Alhamdulillah, banyak yang ikut meramaikan acara ini. 

Molor dari waktu yang telah diperkirakan, Jalan sehat ini dimulai pukul 7.00 WIB. Keberangkatan Jalan Sehat ini dibuka oleh Bapak Ketua RW. 02 Minomartani yang juga ikut serta. Sayangnya saya tidak bisa ikut menikmati Jalan Sehat. Pasalnya, saya bertugas menjaga Pos 1 dan 4 untuk mengatur lalu lintas rute perjalanannya. Warga di wilayah RW. 02 pun sangat enjoying mengikuti acara ini, termasuk Bintang dan bundanya. Dengan rute yang tidak terlalu jauh, para peserta Jalan Sehat berjalan dengan tertib dan fun.

Konsumsi Jalan Sehat RW. 02 | Mask-ID
Menikmati sayur "gudangan" yang telah disediakan (Dok. Pribadi)
Sekitar pukul setengah sembilan pagi, tampak peserta Jalan Sehat sampai juga di Balai RT. 08. Warga pun menghampiri konsumsi yang telah disediakan, berupa sayur "gudangan" dan segelas teh hangat. Ada juga kacang dan pisang godhog. Lezatnya.
Menikmati Sayur "Gudangan" di Jalan Sehat RW. 02 | Mask-ID
Menikmati "Gudangan"  setelah Jalan Sehat (Dok. Pribadi)
Ayah, aku mau teh!” pinta Bintang sambil menunjuk tempat dimana konsumsi disediakan telah ramai dipenuhi warga. “Ok Kak, tunggu sini, Ayah ambilkan ya.” Jawab saya.

Doorprize Jalan Sehat RW. 02 | Mask-ID
Tumpukan Doorprize (Dok. Pribadi)
Area jalan di depan Balai RT. 08 pun dalam sekejap menjadi tempat para warga menikmati makanan sembari mengikuti pembagian doorprize. Walau harganya tak seberapa, puluhan doorprize ini merupakan hasil sumbangsih warga di wilayah RW. 02. Setiap RT minimal ikut memberikan doorprize seharga enam ribu rupiah sebanyak 60 buah yang dibungkus koran. Banyak juga ya. Artinya banyak yang akan mendapatkan doorprize. Rejeki anak sholeh, undian doorprize milik Bintang ternyata terpanggil juga. Lumayan.

Pembagian Doorprize Jalan Sehat RW. 02 | Mask-ID
Pembagian Doorprize (Dok. Pribadi)
Itulah sekelumit cerita tentang Kegiatan Jalan Sehat dalam rangka menyemarakkan Kemerdekaan Republik Indonesia tercinta. Sampai artikel ini diterbitkan, bendera merah-putih bersama umbul-umbul beraneka warna yang menghiasi kampung saya pun sedikit demi sedikit mulai diturunkan. Seiring bergantinya bulan, suasana kemeriahan HUT Kemerdekaan RI ke-70 juga mulai surut. Meskipun demikian, semoga semangat nasionalisme tetap terjaga selalu.
Baca juga : Membiasakan berolah raga di pagi hari
Kalau di tempat sahabat, ada kegiatan menarik apa di bulan Agustus kemarin? Share disini dong. Merdeka!

Get the latest articles of this blog by enter your email address here :

Delivered by FeedBurner

Author : Adi Pradana | Save what I like, all is mine

Hai, nama saya Adi Pradana. Seorang blogger yang berdomisili di Yogyakarta, Indonesia. Terima Kasih telah membaca artikel "Jalan Sehat RW. 02 Minomartani dalam rangka HUT RI ke-70". Jika ada kritik, saran atau pun tawaran kerja sama, hubungi saya via email ke adi.05mania@gmail.com. Jangan lupa untuk subscribe dan follow blog ini ya. Happy Blogging !

30 komentar:

  1. di tempat saya dulu (tahun 2000-an) juga ada acara jalan sehat pagi
    tapi sekarang udah ga ada, diganti lomba anak2 :)

    setuju mas sama hadiah yang harganya mungkin ga terlalu mahal, tapi sangat berkesan kalo bisa dapat
    jadi ingat masih kecil
    he he eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tempat saya juga ada lomba anak2nya mas, paling suka lihat lomba makan kerupuk. Gemes liatnya...

      Delete
  2. Itu toh penampakan Nasi Gudangan mas? Uihhh... sepertinya enak. Mau dong mas.
    Acaranya asik mas.

    ReplyDelete
  3. Di perumahan saya mah sepi,,, maklum lah pada berlibur semua

    ReplyDelete
  4. Kebersamaannya terasa banget, ya. MEsti dilestarikan nih kegiatan macam ini :)

    ReplyDelete
  5. Hihiiihi seru banget itu 17annya. Di lingkungan rumah udah ga ada lagi nih acara2 model gini, jadi kurang seru deh.

    VONNYDU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Vonny jadi volunteer dong, bikin greget event kampung... :D

      Delete
  6. Issssh ruameeee juga acara penghujung 17an disana juga ya..itu ada nasi gudangan seabreg yang bikin lidah kemecer abis di Kudus gak ada, penggantinya cuman roti (gak asyik dah) hehehe. Jadi ngiri positif mas :)

    ReplyDelete
  7. seru bangettt acaranya...

    Kunjungi blog saya juga ya di www.fauzulandim.com dan www.blogofeducation.com kalau belum follow silahkan follow, maturnuwun

    ReplyDelete
  8. wah acara 17 annya asik bgt ya..jalan sehat ..makan2 dan dapat doorprize

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah kemarin pas gerak jalan saya menang dua nomer dapat hanger (gantungan baju) dan cikrak. Trus yang terakhir istri ikutan karnaval, saya bagian motret aja :D

    ReplyDelete
  10. Kalau jalan-jalannya semua pakai pakaian yang unik pasti lebih meriah kalee ya,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, lama tak bersua mbak Yuni. Kemana aja? Sibuk offline nih...

      Delete
  11. Asyik banget neh acara, terasa ya kekeluargaannya mas.

    ReplyDelete
  12. seru sekaliiii.. di desa saya juga rame gitu, ada jalan sehat, tiap malam ada lomba, trus ada pentas seni juga kadang sampe ada wayang kulit atau ludruk

    ReplyDelete
  13. ditempat saya juga ada jalan sehat kang :D, banyak juga orang jualannya :p

    ReplyDelete
  14. wah.... serunya....agustusannya belum berakhir....(jadi terinspirasi)
    godhongan itu apa ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gudhangan mas, bukan godhongan. Makanan yang terdiri dari aneka sayuran yang direbus dan disajikan dengan sambal kelapa parut. Enak lho mas....

      Delete
  15. wah, saya lebih fokus ke makanannya daripada jalan sehatnya *efek malam dan laper*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krucuk, krucuk, begitulah bunyinya. *Suara Perut Laper* Hehehe

      Delete
  16. rame nih agustusannya. Kalau di tempat saya malah gak ada :D

    ReplyDelete
  17. Selain bikin sehat dapat hadiah juga ya :)

    ReplyDelete
  18. pasti seru nih tapi didaerah saya udah jarang ada kegiatan jalan sehat, paling cuma pawai sepeda anak anak itu juga sore hari, sayur gudangan mirip pecel ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mbak Ani, kalau gudangan pake sambal kelapa parut dan pecel pakai bumbu kacang... Btw pawai sepeda anak juga seru, yang sepdanya dihias warna warni gitu kan mbak.

      Delete
  19. Di tempatku malah udah awal agustusan jalan sehatnya, dan lumayan lah dapat doorprize sabun cair buat cuci piring ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan mbak. Bintang dapat aneka snack, salah satunya adalah B**g2 kesukaannya. Hehehe

      Delete
  20. Minomartani jogja bukan sih mas?

    ReplyDelete
  21. wah blogger jogja nggeh... saya juga tinggal di jogja sekarang :D

    ReplyDelete

 
©Mask-ID Blog 2017 all reserved | Privacy Policy | Disclaimer | Theme design by Dadang Herdiana | Ping search engines.