September 23, 2015

Hangatnya malam bersama wedang uwuh



Hangatnya malam bersama wedang uwuh | Mask-ID.com - Uwuh, merupakan bahasa Jawa yang artinya sampah. Sampah harusnya dibuang di tempat sampah. Lain artinya kalau sudah ditambah kata "wedang". Ya, wedang uwuh adalah minuman tradisional khas masyarakat Jawa. 

Dikatakan "uwuh" karena bahan-bahan minuman ini saat ampasnya bercampur dalam satu wadah tampak seperti sampah. Bahan dari wedang uwuh sendiri terdiri dari kayu secang, jahe, kayu manis, cengkeh dan daun pala. Ada pula yang ditambahkan daun jeruk dan batang sereh. Untuk rasa manisnya, tambahkan gula batu atau gula merah. Beragam bahan dari wedang uwuh tersebut setelah direbus dalam air akan menghasilkan minuman berwarna cokelat kemerahan. 

Dewasa ini, minuman tradisional ini sangat digemari oleh banyak orang, khususnya masyarakat yang tinggal di kawasan Imogiri, Bantul. Untuk sahabat yang berada di wilayah Ringroad Utara, sahabat dapat menikmati wedang uwuh ini di Warung Mie Lethek Mbah Mendhes. Warung ini sangat populer di Bantul dan sudah lama pula membuka cabang di Sleman. Alamatnya berada di Jalan Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Menikmati Hangatnya Malam Bersama Wedang Uwuh | Mask-ID
Menikmati hangatnya segelas wedang uwuh (Dok. Prbadi)

Selasa malam (22/09/2015), seusai belanja kebutuhan sehari-hari, saya dan keluarga lagi kepengen makan malam di luar. Dan akhirnya istriku mengusulkan nyobain makan di Warung Mie Lethek Mbah Mendhes. Meluncurlah kami kesana.

Sajian Wedang Uwuh di Warung Mie Lethek Mbah Mendhes | Mask-ID
Sajian Wedang Uwuh di Warung Mie Lethek Mbah Mendhes (Dok. Pribadi)

Setelah memilih menu makannya, mire alias mie goreng, pilihan wedangan saya pun jatuh kepada wedang uwuh. "Malam-malam dingin gini, sehabis makan pasti enak minum wedang uwuh," pikir saya. Diminum selagi panas, alhamdulillah nikmatnya.

Menyeduh Hangatnya Wedang Uwuh | Mask-ID
Menyeduh Wedang uwuh! (Dok. Pribadi)

Wedang uwuh di tempat ini disajikan dalam gelas alumunium, bahan rempah tampak jadi satu di dalam gelas tersebut. Seduh wedang uwuh pada gelas kosong, aroma harum khas yang keluar dari jahe dan kayu manis pun keluar menusuk hidung. Disediakan gula batu dalam toples sebagai pemanis tanpa menghilangkan aroma dan citarasa asli bahan-bahan ramuan minuman tradisional ini.
Baca juga : Sarapan pagi di Soto Kudus Gadjah Mada
Untuk menikmati segelas wedang uwuh ini hanya merogoh kocek sebesar 4000 rupiah saja. Sekali lagi, alhamdulillah nikmatnya. Teguk hangatnya malam bersama wedang uwuh.

Get the latest articles of this blog by enter your email address here :

Delivered by FeedBurner

Author : Adi Pradana | Save what I like, all is mine

Hai, nama saya Adi Pradana. Seorang blogger yang berdomisili di Yogyakarta, Indonesia. Terima Kasih telah membaca artikel "Hangatnya malam bersama wedang uwuh". Jika ada kritik, saran atau pun tawaran kerja sama, hubungi saya via email ke adi.05mania@gmail.com. Jangan lupa untuk subscribe dan follow blog ini ya. Happy Blogging !

29 komentar:

  1. Aduh daun pala itu seumur2 sy blom pnh liat..hehehe.. drpd susah2 mending beli ya mas.. cm 4000

    ReplyDelete
  2. Pertama minum wedang uwuh tu waktu main ke Solo. Tapi sekarang suka bikin sendiri, beli paketan racikannnya di pasar atau mirota.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Lusi, sekarang sudah banyak tersedia wedang uwuh Dalam kemasan...

      Delete
  3. lebih hangat lagi kalua di temani istri hehehe

    ReplyDelete
  4. sudah pernah minum wedang uwuh! sedaap! jadi pengen ke yogya lagi buat minum wedang yang satu ini :D

    ReplyDelete
  5. Memang minuman yang pas untuk kebersamaan dengan keluarga. Hangat, bermanfaat. Salam santun.

    ReplyDelete
  6. wedang uwuh memang mantap jika diseruputnya sambil di temani Ubi Cilembu punya saya kang

    ReplyDelete
  7. mantap banget tuh mas..apalagi cuaca dingin diminumin ini jadi angettttt

    ReplyDelete
  8. Mendoannya mana mas lebih enak sembari makan dong hehe

    ReplyDelete
  9. Wedang uwuh? Wah baru tahu, mau nyobain nanti ^_^

    ReplyDelete
  10. sepertinya hangat menyantap wedang uwuh :)

    ReplyDelete
  11. Baru denger dan penasaran sama wedang uwuh ini....buat yg lagi flu gitu seger kali ya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan hanya flu mbak Handdriati, juga bisa jadi obat pelipur lara. #Eh

      Delete
  12. Belum pernah mencoba wedang uwuh. Sepertinya enak yaa

    ReplyDelete
  13. saya pernah nyoba bikin minuman pakai secang, kayu manis, jahe emprit, cengkeh, sereh... ga tau deh apa masih satu kerabat dengan wedang uwuh. tapi rasanya maknyuusss

    ReplyDelete
  14. Aduh, namanya tu ,mas, udah uwuh, di warung mi lethek lagi... Tiang jawi panci gampil nggih menawi maringi jeneng, sak ontenipun mawon

    ReplyDelete
  15. wah wedang ini emang keren ya ams mantap.....

    ReplyDelete
  16. Kalo di Mbah Mendes biasanya saya menikmati wedang ini bersama mie goreng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu saya juga pesannya mie lethek goreng pak Azzet. Alhamdulillah kenyang perut ini. Hehehe

      Delete
  17. MIRE : Mie Goreng ... ngakak dan ini lucu bahasa baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, di menu tulisannya kek gitu... Hehe

      Delete
  18. duhhh sy pengen bgt minum wedanguwuh lagi,wkt dijkt tetangga org jogja suka bawa oleh2 wedang uwuh klo abis pulkam,klo masuk angin/batpil seger bgt tuh minum wedang uwuh,mau dong mas klo bisa delivery order k sukabumi ^_^

    ReplyDelete
  19. ups....sueger sekali itu...sensasi di lidahnya hemmmmm

    ReplyDelete
  20. Mantab banget nih mas. tetangga depan rumah saya juga jualan. saya gemar mengonsumsinya, sayangnya karena bahannya yang banyak macam, kadang bahan tersebut jarang tersedia. sehingga gak bisa tiap hari mengonsumsi wedang uwuh ini

    ReplyDelete

 
©Mask-ID Blog 2017 all reserved | Privacy Policy | Disclaimer | Theme design by Dadang Herdiana | Ping search engines.