April 27, 2016

Jual Rumah Anda seperti Seorang Profesional Tanpa Harus Menyewa Seorang Profesional



Jual Rumah Anda seperti Seorang Profesional Tanpa Harus Menyewa Seorang Profesional | Mask-ID.com - Jika Anda memutuskan untuk menjual rumah tanpa agen, jangan berharap Anda bisa melakukannya dengan mudah. Menjual properti bisa sangat menyulitkan - melakukannya tanpa adanya bantuan adalah sebuah tantangan yang lebih besar. Namun, hanya karena tidak biasanya dilakukan tidak berarti itu tidak bisa dilakukan. Dan di sini di Indonesia, Anda tidak harus melakukan kontak dengan real estate profesional untuk menjual rumah Anda. Menurut ForSaleByOwner, ini dikenal sebagai pasar FSBO (atau "fizzbo") di negara Barat, menjual tanpa makelar bukanlah hal aneh. 

Ini karena mereka selalu mengatakan – memiliki rumah benar-benar salah satu investasi terbesar yang pernah Anda buat, lebih besar daripada saham, yang akan Anda miliki, mobil, atau biaya satu tahun kuliah untuk anak Anda . 

Jadi ini benar-benar kesempatan terbaik Anda, ketika tiba waktunya untuk investasi tunai, Anda pasti ingin mendapatkan keuntungan yang lebih banyak untuk diri sendiri dan keluarga Anda. Itu argumen yang kuat untuk melawan jasa makelar – jika Anda berpikir Anda dapat melakukan lebih baik dari mereka dan bisa mendapatkan pembeli besar dengan usaha Anda, maka mengapa harus repot-repot membayar mereka dengan komisi standar sekaligus komisi dari agen pembeli? 

Jika Anda tidak ingin kehilangan ekuitas penjualan, Anda harus menangani semua masalah sendiri – dan hal itu bisa menghabiskan banyak tenaga. Tapi dengan bantuan yang tepat, itu lebih dari mungkin – semua bisa dilakukan. 

Jual Rumah Anda seperti Seorang Profesional Tanpa Harus Menyewa Seorang Profesional | Mask-ID.com
Ilustrasi Gambar (Dok. Pribadi)

Apa yang Dilakukan Seorang Makelar? 

Di Amerika Utara dan banyak negara di Eropa, tugas pertama dari seorang agen real estate adalah memasukkan properti Anda ke MLS (Multiple Listing Service) lokal. Itu adalah sebuah direktori nasional yang luas untuk semua real estate yang tersedia di seluruh negeri – tapi di sini di Indonesia, Anda tidak akan menemukan hal seperti itu. 

Sebaliknya, Anda punya direktori online seperti Rumah, di mana Anda bisa jual rumah Bandung tanpa masalah. Setelah mengarah pada listing online, makelar lokal juga akan memeriksa koran dan iklan baris fisik untuk memperluas penonton dan menemukan lebih banyak orang sebagai pembeli potensial. 

Berikutnya, makelar mungkin akan mencobanya di media sosial. Saat ini, makelar terbaik tidak hanya akan menggunakan jaringan real estate biasa untuk menemukan pembeli – mereka memiliki laman mereka sendiri dan akun jejaring sosial dimana calon investor dan pembeli dapat menantikan update properti baru di daerah investasi cerdas. 

Pada akhirnya, makelar akan mengontak calon investor dan pembeli dan memfasilitasi proses pembelian yang lambat namun stabil. Mereka mengatur pementasan rumah, mereka mempelajari properti agar bisa memberikan sejarah informatif dan lengkap kepada pembeli, dan akhirnya, mereka menegosiasikan harga dan metode penjualan, apa pun itu. 

Ini tidak terlalu rumit, jika Anda terbuka untuk berbicara dan bernegosiasi dengan berbagai pembeli. Sama seperti mencoba untuk mendapatkan barang bekas dijual, prosesnya sama – namun karena jumlah uang yang terlibat, proses ini lebih lama, dan spesifikasi tentang sejarah dan membangun rumah Anda akan segera diminta. 

Merebut Posisi Makelar 

Hal pertama dan utama yang Anda harus ingat adalah bahwa menjual rumah memiliki dua poin yang benar-benar penting. Pertama dan terutama – harga. Jika harga yang Anda banderol salah, semuanya berakhir. Dan menurut Bankrate, ini cukup sering terjadi. Jangan hargai rumah Anda dengan rasa iba atau berdasarkan beberapa perhitungan sepihak – seperti setiap pasar, harga rumah ditentukan oleh fluktuasi ekonomi. Suku bunga, permintaan perumahan, jumlah lowongan di daerah dan tingkat konstruksi di dekatnya semua mempengaruhi bagaimana rumah-rumah itu dihargai, dan itulah mengapa itu ide yang baik untuk menghubungi penilai profesional untuk memberikan ide konkret tentang berapa harga yang benar-benar layak untuk rumah Anda. 

Penilaian dilakukan melalui analisis pasar komparatif – penilai akan memperhitungkan semua rumah di daerah dan daerah lain dengan kondisi pasar yang sama, melihat secara khusus ke dalam rumah dengan spesifikasi Anda, dan kemudian menggeneralisasi kisaran harga yang paling akurat. Anda juga bisa melakukannya secara online dan menyaring hasil pencarian rumah di daerah yang memiliki luas dan fasilitas serupa, dan membandingkan harga. 

Setelah Anda tahu berapa harga rumah, jadilah tuan rumah untuk open house. Nomor dua di faktor penentu adalah kesan pertama. Pastikan tempat ini dirapikan terlebih dahulu – melakukan perbaikan kecil, mengecat ulang, mengganti pintu depan, mengganti bola lampu, dan mungkin membuat beberapa tambahan kecil di dapur. Di daerah tropis, halaman belakang yang rimbun dan indah sepanjang tahun merupakan tempat yang tepat untuk beberapa pot dan bibit bunga – dan dengan cepat, Anda dapat mengubah properti loyo menjadi sesuatu yang benar-benar indah. 

Mencetak brosur fisik dengan rincian mengenai rumah, dan mendistribusikannya kepada pengunjung selama open house – dan melakukan hal yang sama untuk pertemuan rumah Anda. 

Setelah Anda menemukan beberapa calon pembeli, bagian yang sulit dimulai – merancang dan menuntaskan kontrak, dan menemukan pembeli yang bersedia membayar sesuai harga yang Anda inginkan. Bukan ide yang buruk untuk menghubungi seorang pengacara real estate dalam hal ini, hanya untuk memastikan bahwa Anda mematuhi semua hukum dan peraturan Indonesia tentang masalah ini. Setelah kontrak sudah benar-benar disusun dan disajikan, pembeli bisa menandatangani kontrak – dan membayar Anda – atau menolaknya, memaksa Anda untuk membuat konsep sekali lagi. Saat Anda telah melalui penjualan – selamat ! Anda sudah menjual rumah Anda tanpa makelar.

Get the latest articles of this blog by enter your email address here :

Delivered by FeedBurner

Author : Adi Pradana | Save what I like, all is mine

Hai, nama saya Adi Pradana. Seorang blogger yang berdomisili di Yogyakarta, Indonesia. Terima Kasih telah membaca artikel "Jual Rumah Anda seperti Seorang Profesional Tanpa Harus Menyewa Seorang Profesional". Jika ada kritik, saran atau pun tawaran kerja sama, hubungi saya via email ke adi.05mania@gmail.com. Jangan lupa untuk subscribe dan follow blog ini ya. Happy Blogging !

7 komentar:

  1. udah pake situs juga buat jual rumah..banyak yang respon dan lihat iklannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jual rumah jadi makin gampang ya skg mbak fitri...

      Delete
  2. wah mau jual rumah makin enak ya. Gak perlu ribet dirumah aja bisa

    ReplyDelete
  3. lebih praktik menurutku ya skr kalau mau jual rumah

    ReplyDelete
  4. paling kece itu kalo ada tulisannya di jual tanpa perantara wkwkwkw... yg penting kduu waspada mas karena penipuan di mana",,,,

    ReplyDelete
  5. jadi lebih praktis ya, Mas, dan profesional :)

    ReplyDelete
  6. kecuali kalau butuh dijual cepat kali yaa.
    tetep harus hati2 juga sih

    ReplyDelete

 
©Mask-ID Blog 2017 all reserved | Privacy Policy | Disclaimer | Theme design by Dadang Herdiana | Ping search engines.